RUJAK CINGUR SIDOARJO

Salam Inspirasi !

sidoarjo

RUJAK CINGUR SIDOARJO”

“Bagi warga Jawa Timur Khususnya “Sidoarjo”, pasti mengenal makanan khas satu ini “Rujak Cingur”. Rujak cingur adalah makanan favorit masyarakat Sidoarjo khususnya. Makanan khas “Rujak Cingur” di “Sidoarjo” sangat terkenal, tidak hanya masyarakat “Sidoarjo”, tapi para pengunjung atau tamu yang datang dari luar daerah yang datang ke “Sidoarjo” juga sudah banyak yang mengenal makanan khas yang satu ini.
Dengan komposisi campuran petis biasa dan petis enak khas “Sidoarjo”, serta campuran resep rahasia, dari masing-masing penjual “Rujak Cingur” di “Sidoarjo”, membuat rasa itu punya perbedaan ciri khas dari masing-masing penjual “Rujak Cingur”.
Semua irisan bahan dan sayur tertata rapi di atas piring dengan bumbunya yang dituang di atasnya. Untuk menikmatinya, tentu saja kita harus mencampur sayur dan bumbunya hingga rata, sehingga bumbunya tidak terasa di satu sisi saja. Bumbunya nendang banget, takarannya benar-benar pas dan terasa berat dan mantap. Sedangkan untuk “cingur”nya, empuk dan terasa gurih, kalaupun cuma dimakan “cingur”nya tanpa campuran bumbu “rujak”, rasanya sudah pas. Tak heran kalau “Rujak Cingur” ini sampai dibawa hingga keluar kota maupun keluar negeri oleh para pelanggannya, seperti Jakarta, Ujung Pandang, Malaysia, Singapura dan beberapa lokasi lainnya.
Bagi para pengunjung yang ingin mebawa “Rujak Cingur” ke luar kota Surabaya atau keluar negeri, biasanya bumbu masih tetap nikmat jika dimakan kurang dari 4 jam setelah proses pembuatan. Tapi kalau sudah lebih dari 4 jam, sebaiknya jangan dikonsumsi lagi. Untuk seporsi “Rujak Cingur” dengan porsi yang cukup besar ini, harga masih sangat terjangkau oleh masyarakat.
Untuk harga, memang bervariasi dari penjual yang satu dengan yang lain, namun jika ingin memenuhi selera bagi yang hobi “rujak”, tentu harga bukan hal yang penting. Berikut referensi rujak cingur untuk bekal pencarianmu :
  1. Rujak Cingur Bu Nur Aini , Sedati Sidoarjo                                                                                                                           rujak-congur-sedtai                                                                                                                                                      Buat para pelancong yang suka jalan-jalan area Sidoarjo,  jangan lupa mampir ke warung Bu Nur Aini yaah untuk mencicipi hidangan rujak cingur buatannya. Warung Rujak Cingur Bu Aini ini , terletak di Jalan Raya Sedati Gede No 66 Sedati “Sidoarjo”. Rujak Cingur Bu Aini  memang sangat digemari masyarakat sedati khususnya karna cita rasa yang enak dan paduan bumbunya yang top banget bikin ketagihan yang mengonsumsinya. Untuk harga seporsi rujak cingur komplit Rp 25 ribu, sementara untuk rujak cingur komplit istimewa dibanderol Rp 30 ribu.Bedanya hanya pada irisan cingurnya yang lebih banyak.

Warung ini buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 21.00 WIB. Yang perlu diingat karena rujak cingur yang sudah eksis sejak Juni 1997 ini tidak menggunakan bahan pengawet. Maka batas waktu layak konsumsi tak lebih dari lima jam. Kecuali bila dalam kondisi dimasukkan lemari es.

Beberapa tempat penjual “Rujak Cingur” yang dapat dikunjungi antara lain:
1. Depot “Rujak Cingur” Mbak Tila Jl. Pandean 415 “Sidoarjo” Depot ini mulai melayani para pembelinya mulai jam setengah 11 siang sampai jam 4 sore setiap hari. Untuk menemukan depot ini tidaklah terlalu sulit, di jalan Kyai Haji Mukmin, di seberang jalan depan Perumahan CIPUTRA ada sebuah gang kecil yang menuju ke arah Jl. Pandean. Kalau Anda mengendarai mobil, sebaiknya diparkir di area Perumahan CIPUTRA, karena depotnya berada di sebuah gang yang cukup kecil, sehingga agak susah untuk memarkir kendaraan roda 4.
2. “Rujak Cingur” Depot Mutiara. Depot ini berlokasi di lingkungan Perumahan Pondok Mutiara sebelah Barat.
3.  “Rujak Cingur” Mak Tin di Stasiun Kereta Api “Sidoarjo” di Jalan Diponegoro “Sidoarjo”.
4. Depot “Rujak Cingur” Mbak Tila Tanggulangin “Sidoarjo”. Depot ini berlokasi di jalan masuk depan Pasar Wisata Tanggulangin.
5. Depot “Rujak Cingur” Mbak Nur. Depot ini berlokasi di Jalan Sultan Agung “Sidoarjo”, depan Sekolah Taman Kanak-kanak Dharma Wanita “Sidoarjo”, Sebelah Barat Pendapa Kabupaten “Sidoarjo”.
 Selamat mencoba dan berwisata kuliner guys …..
Iklan

SATE SIDOARJO

Hay guyss..

sate

wisata kuliner Sidoarjo yang bakalan bikin kamu betah sampai ke warungnya yaitu Sate khas Sidoarjo. Satenya maknyuss dan dijamin bikin kamu sampe ketagihan.

Selamat membaca guys..

1. Sate Barongan

sate

Berawal dari 10 tahun yang lalu, dengan usaha yang tidak mudah Pak Uniq mulai merintis usaha dibidang sate kambing yang kini warungnya dinamakan Warung Sate Barongan. Dalam menggeluti usaha ini, Pak Uniq yang bernama lengkap H. Husni Anwar sudah pernah mengalami kesuksesan yang berujung kehancuran. Tapi keadaan tersebut tidak berlangsung lama, dengan usaha yang lebih keras serta dorongan dan doa dari orang-orang disekitarnya, akhirnya Pak Uniq mampu untuk melewati masa-masa yang sulit. Hingga akhirnya Warung Sate Barongan berkembang dengan cukup pesat, saat ini saja sudah ada dua cabang Sate Barongan yang berada di Jalan Gilang (di sebelah Pabrik Kapal Api) dan di depan Puskesmas Ngelom.

Warung Sate Barongan yang pertama  berlokasi di Jl. Wonocolo, Sepanjang, Sidoarjo. Warung sate ini buka 24 jam, Warungnya tidak terlalu luas, tapi terdiri dari dua lantai dengan lantai duanya yang cukup luas. Di depan warung ada sebuah gerobak, tempat pemanggangan sate dan sebuah etalase yang cukup tinggi. Biasanya di etalase tersebut tergantung beberapa ekor kambing yang sudah disembelih dan dibersihkan. Sehingga daging kambing yang digunakan untuk membuat satenya bisa dipastikan benar-benar daging yang masih segar. Tapi kelihatannya ketika kami datang, dagingnya sudah tinggal sedikit yang sedang dipotong-potong oleh salah satu karyawannya untuk dijadikan sate.

Sama seperti warung sate pada umumnya, menu yang tersedia di Warung Sate Barongan ini hanya sate dan gulai kambing. Biasanya kambing yang digunakan untuk membuat sate dan gulainya merupakan kambing yang berusia antara 3 sampai 6 bulan. Biasanya tidak kurang dari 30 ekor kambing harus disembelih setiap hari untuk memenuhi kebutuhan para pembelinya. Seporsi kambing terdiri dari 10 tusuk sate dengan masing-masing tusuk berisi 3 potong daging dengan ukuran sedang lengkap dengan sambal kacang dan sedikit sambal kecap di sisi piringnya. Karena terbuat dari daging kambing muda dan segar, rasanya sedikit agak kenyal dan ada rasa manis tanpa tercium aroma kambingnya.

Untuk seporsi sate kambingnya dibandrol dengan harga 20ribu rupiah, sedangkan untuk gulainya 10ribu rupiah dan nasinya cukup membayar 3ribu rupiah. Berbeda dengan Warung Sate Barongan yang lainnya, untuk Warung Sate Barongan 2 juga menyediakan beberapa menu lainnya, seperti nasi rawon, soto, sup buntut, tahu campur, mi goreng, cap cay dan beberapa menu lainnya.

  • Menu Andalan   : Sate Kambing (R.p 20.000) & Gulai Kambing (Rp. 10.000)
  • Jam Buka            : Setiap Hari 24 jam
  • Alamat Lokasi   : Jl. Wonocolo, Sepanjang, Sidoarjo Telp. 031-72469480, 08175292160

Harga murah meriah dan lidah puas seketika. Selamat berkunjung guys..

BAKSO SIDOARJO

Salam inspirasi !

bakso

Hay guyss. wisata kuliner paling ngehitss di Sidoarjo yaitu Bakso.  Siapa sih yang ngk kenal ama si bulet kayak tuyul itu wkwkwkw. Nah, buat para pelancong makanan laziss, “Bakso Rindu Malam” bisa menjadi referensi untuk kalian.

1. Bakso Rindu Malam

Apakah anda merindukan malam hari ? atau anda merindukan kekasih anda? Eeeeeaaaa…. Jadi baper bawaannya guys. uhukuhukkkk

Nah… Apa sih Bakso Rindu Malam itu? Ko namanya seperti itu? kenapa enggak Bakso rinduin aku aja :-p ..Heheheeh. Bakso Rindu Malam adalah Bakso yang sangat populer saat ini khususnya para masyarakat Sidoarjo. Bakso ini dinamakan Bakso Rindu Malam karena warung ini buka sampai malam hari. Nah… buat kamu yang kelaperan di malam hari Bakso ini bisa menjadi lirikan anda selanjutnya.

bakso-rindu-malam-2

Bakso Rindu malam terletak di Taman Pinang, Gading Fajar Sidoarjo.  bersebelahan dengan Warung Makan Podojoyo.Tempatnya memang kecil hanya dengan bangku kayu.Tapi warung bakso ini cukup ramai pengunjungnya.warung ini menyediakan bakso dan mie ayam. Minumannya hanya es jeruk, jeruk hangat, teh manis hangat, es teh.
Semangkok bakso dihargai Rp 10.000, mie ayam bakso R 10.000,00.  Jeruk hangat seharga Rp 4000 dan Minuman es teh Rp 3000.

bakso-rindu-malam
So… buat kamu yang kesulitan saat melakukan order bakso, bakso Rindu Malam ini juga menyediakan layanan Catering lhoo . Anda bisa menghubungi di nomer 081703662546. No repot No lemtoot perut tambah  berotot. Berotot makanan maksudnya.. hehehehe.

2. Bakso Cak To

IMG_20160114_170826_HDR[1]

Sidoarjo adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang menyimpan berbagai pesona kuliner. Bila berkunjung ke kota udang ini, jangan melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khasnya. Salah satunya adalah tempat makan bakso yang terletak di Jalan Pahlawan No. 1, Sidoarjo.

Yang menarik, untuk menikmati bakso, pengunjung bisa langsung mengambil sendiri berbagai olahan bakso yang tersedia. Jadi model penyajiannya ala prasmanan. Hal tersebut sangat berbeda dengan tempat makan bakso lainnya. Jadi tidak perlu khawatir bagi pengunjung yang menginginkan porsi sedikit. Makannya bisa sesuai kebutuhan dan isi kantong.

Menu bakso yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari bakso isi telur puyuh, bakso granat, bakso isi keju, bakso mercon, dan bakso seafood yang tentunya halal. Dengan harga mulai Rp 2000, pengunjung bisa memilih sendiri menu bakso yang ditawarkan. Hal ini cocok bagi para pecinta kuliner atau pengunjung backpacker.

Selain menu baksonya, usaha bakso yang diawali pemiliknya pada tahun 2004 tersebut juga menawarkan berbagai menu khas Jawa Timur yang tak kalah nikmat. Mulai iga sapi penyet, lontong kupang, bakwan penyet, mie ayam, ayam goreng, bebek goreng, siomay bakso, empal suwir, dan aneka minuman tradisional yang juga nikmat dan segar.

Hal menarik lainnya adalah bangunan Bakso Kuto “Cak To” sendiri. Bangunannya sengaja dibangun berbentuk joglo yang merupakan bangunan khas Jawa. Bangunan tersebut dilengkapi dengan perabot kursi dan meja yang terbuat dari pohon jati. Di dinding tempat makan pun terpasang gambar tukang bakso berisi semboyan Cak To, “Berjuang Pantang Berputus Asa”. Semboyan itulah yang dipakai Cak To untuk mendirikan tempat makan bakso hingga sukses sampai saat ini.

Selain itu, para pengunjung bisa merasakan bakso sembari menikmati pemandangan jalan raya yang tak pernah sepi dilalui kendaraan. Untuk dapat menikmati bakso dengan suasana khas kota, pengunjung dapat datang setiap hari pada pukul 10.00 – 21.30.

SELAMAT  MENCOBA GUYSS…

MIE AYAM SIDOARJO

KULINER LAZIZZZ !!

Hallo sobat dumay, buat kamu para pelancong wisata kuliner mie yuk intipp Mie ayam khas Sidoarjo yaa…

duooo

MIE AYAM SIDOARJO

  1. MIE AYAM PAK MAN ECCO , Kuliner Mie ayam sangat digemari para kalangan masyarakat. Baik masyarakat menengah atas maupun asyarakat menegah kebawah. Harganya yang merakyat serta bentuk dan citra rasanya membuat para penikmat mie berbondong-bondong memilih mie ayam sebagai santapan di kala lapar malam hari. Nah.. disini saya punya referensi buat kamu yang ingin membeli mie ayam untuk wilayah Sidoarjo. Salah satunya yakni anda bisa mengunjungi warung Mie ayam Pak Man yang terletak di depan penyebrangan Ecco. Mie ayam Pak Man, sangat di gemari para kalangan remaja,  khususnya yang singgah saat malam hari. Baik setelah pulang bekerja dari daerah lain maupun para keluarga yang sedang asyik menunggu salah satu anggota keluarga  yang bekerja di Ecco khususnya.

mie-ayam-ecco

Mie ayam Pak Man buka dari jam 16.00 sampai jam 03.00 dini hari. Harga Mie ayam yang dijajakan Bapak Man pun cukup murah. Anda hanya menyiapkan kocek sebesar Rp. 10,000,- saja. Nah… buat kalian yang pusing-pusing saat lapar mendera di malam hari, mie ayam bisa menjadi referensi untuk anda. Selamat mencoba…

  •  Mie Ayam Gajah Mada Mie Terlezat di Kota Sidoarjo

Mie Ayam Gajah Mada Sidoarjo

          Mie Ayam Gajah Mada Sidoarjo

Racikannya Pas Membuat Rasa Mie Semakin Lezat

Mie Ayam, adalah jenis makanan  yg semua orang sudah pada tahu bentuk dan rasanya seperti apa. Karena yg menjajakan makanan ini memang terbilang sudah banyak. Mie ayam hampir mudah  kita temui di setiap kota. Salah satu andalan mie ayam di kota Sidoarjo yakni  Mie Ayam Gajah Mada.
Mie Gajah Mada terletak  di Jalan Gajah Mada Gang Pandean I/1, Sidoarjo. Warung ini sudah buka mulai dari jam setengah 12 siang sampai jam 10 malam setiap hari, kecuali pada hari senin pada minggu pertama setiap bulan.

Bagi warga Sidoarjo sendiri, nama depot ini mungkin sudah tidak asing, karena memang sudah punya banyak pelanggan setia dari kota Sidoarjo. Bagi Anda yang penasaran ingin ke sana untuk lokasinya tidak terlalu sulit, kalo naik motor dari Jl. Gajah Mada masuk ke dalam gang masuk RT 01, Pandean, sedangkan kalau naik mobil roda 4 sebaiknya mobil diparkir saja di Jalan Gajah Mada di depan ruko kemudian menyebrang masuk ke dalam gang, kurang lebih jika dari jalan raya 50 meteran.

Meski hanya di sebuah gang, tapi warungnya cukup luas, mungkin lebih dari 30 pengunjung bisa tertampung di dalamnya. Warung ini menyediakan berbagai macam menu serba mie, dari mie ayam biasa, mie ayam pangsit, mie ayam bakso, mie ayam jamur dan beberapa paduan menu lainnya. Yang membuat warung mie ini berbeda dengan warung mie lainnya adalah mie yang disajikan disini teksturnya lebih kecil, mie nya agak kenyal dan sedikit gepeng.

Mie Ayam Gajah Mada porsinya lumayan mengenyangkan. Pangsit mie ayam, terdiri dari mie, pangsit rebus dan ayam, dengan kuahnya terpisah.  Porsi mienya cukup banyak dengan irisan ayam dan taburan bawang goreng yang cukup melimpah. Paling cocok dimakan dengan acar.  Setelah disiram dengan kuah dan ditambahkan pelengkap lainnya, aduk sebentar mie-nya agar bumbunya tercampur merata, maka perpaduan rasanya akan semakin mantap, gurih dan sedikit agak asin. Jika Anda penggemar makanan yang asin, maka menu yang satu ini cukup pas memanjakan lidah, namun jika Anda memiliki darah tinggi alangkah baiknya jika memesan mie jangan yang terlalu asin. Rasa yang dihasilkan dari racikan antara mie dengan bumbu sangat khas, tak heran kalau dalam sehari saja, warung ini bisa sampai menghabiskan 15-20 kg mi setiap harinya.

Ada juga mie uedan yang level pedesnya lumayan. Mie ayam mangkok, dimana mangkoknya dari pangsit. Juga tersedia siomay serta lumpia. Lumpia  berisi rebung dan suwiran ayam serta udang. Harga lumpia per mika berisi 2 lumpia hanya 12ribu rupiah saja. Untuk minumannya ada es teh, es jeruk, teh hangat, jeruk hangat, es singapur, aneka jus, dan wedang ronde.

Untuk masalah harga juga cukup terjangkau, untuk masing-masing menu mie ayamnya antara 9ribu rupiah sampai 16ribu rupiah, tergantung isiannya. Setelah menikmati mie ayamnya, kita juga bisa menikmati wedang rondenya. Selamat mencoba . Perfecto guys…

TAHU TEK SIDOARJO

Salam inspirasi !

kuliner

Hayy sobat dumay… Buat kamu pecinta hidangan kuliner  khusunya wilayah Sidoarjo maupun dari luar kota yang ingin mencicipi hidangan khas kota udang ini, yakni tahu tek kamu wajib baca artikel yang satu ini sebagai referensi untuk bekal kalian dalam hunting kuliner. Selamat membaca …

Kuliner Malam Sidoarjo

TAHU TEK

Buat para jejaka jejaki yang suka bangett hunting makanan di malam hari, niee ada referensi buat kamu untuk wilayah Sidoarjo.  Makanan khas Kota Sidoarjo ini biasanya di jual pada malam hari, yakni Tahu Tek.

tahu-tek

Ngomongin soal tahu tek, warga Jawa Timur pasti sudah tidak asing lagi. Kuliner mirip gado-gado ini bisa ditemui di sepanjang jalan protokol hingga di gang-gang kecil. Bahkan, menu ini sudah merambah ke gerai-gerai di pusat perbelanjaan dan restoran.

Jika belum pernah ke Sidoarjo, bolehlah mampir sejenak untuk sekedar mencicipi nikmatnya tahu tek Sekardangan. Mencarinya tidaklah sulit, cobalah menyusuri jalan alternatif menuju Malang melalui RS Siti Hajar. Sesampainya di simpang tiga Sekardangan belok kiri (belok kanan ke arah kota/Malang), tepat di depan SDN Sekardangan warung kecil ini berdiri.

Buka dari sore hingga tengah malam, warung tahu tek ini tak pernah sepi pembeli, terlebih karena porsinya yang jumbo. Namun, bukan karena porsi jumbo yang membuat warung ini terkenal, siraman cita rasa kuah kacang yang membumbui tahu, taoge, lontong, kentang, dan telur terasa legit di lidah. Bumbu yang diracik secara tradisional merupakan campuran rempah-rempah, kacang, dan petis udang yang memunculkan aroma khas menggugah selera.

Harga per porsinya juga tidak terlalu mahal, cukup dengan Rp6,000,- sampai Rp8.000,- saja, tinggal kita siapkan susunan usus halus untuk menggilingnya. Bagaimana, mau dicoba? yummmyy… Lezattooo.

SIDOARJO FOOD

 

logo-kabupaten-sidoarjo-300x200

Wisata Kuliner – Sidoarjo dikenal sebagai kota udang karena sebagian besar penghasilan yang dapat di jumpai  adalah ikan dan udang. Sidoarjo juga mendapatkan penghargaan Adipura yang merupakan penghargaan dari pemerintah pusat. Penghargaan Adipura Adalah penghargaan yang diberikan dengan predikat Kota yang bersih dan rapi. Selain itu Sidoarjo memiliki banyak kebudayaan, makanan khas, dan ciri khas. Berikut Saya akan Menyebutkan Kebudayaan, makanan khas, dan ciri khas :

Kebudayaan Sidoarjo :

  • Lelang Bandeng
  • Nyadran
  • Wayang Kuit
  • Reog Cemandi
  • Wayang Potehi
  • Jaran Kepang
  • Tari Ujung

Setelah lelah menikmati wisata maka hal yang perlu dilakukan adalah menikmati santapan khas yang ada. Terkenal akan wisata yang memikat hati, tidak akan sempurna jika tidak dilengkapi dengan kuliner yang khas. Begitulah Sidoarjo akan memanjakan seluruh pengunjung yang datang. Kuliner khas yang tersedia akan mengenyangkan perut dan sekaligus memuaskan hati dengan nikmat dan uniknya rasa yang disuguhkan. Inilah beberapa makanan khas Sidoarjo yang harus dicari ketika berada di kota Sidoarjo.

MOTIVASI MENGAHADAPI KEGAGALAN

5. MOTIVASI MENGHADAPI KEGAGALAN

Menerima Kegagalan dengan Waktu yang Tepat

gagal

Mengalami kegagalan dalam sebuah bidang, tentu bukan sebuah perkara yang menyenangkan untuk dirasakan. Ini bahkan bisa menjadi sebuah hal yang sangat menyakitkan dan membuat kita terpuruk di dalam hidup, di mana kita bisa saja tak lagi memiliki semangat dan juga rasa percaya diri yang cukup untuk bangun dan segera bangkit dari kegagalan tersebut. Tapi taukah Anda, dengan menerima kegagalan dapat membuat kita jauh lebih baik lagi.

Kegagalan bisa saja dialami oleh siapapun, bahkan mereka yang telah memiliki segudang keberhasilah di dalam hidup mereka. Artinya, kegagalan merupakan hal yang sangat manusiawi dan sangat wajar terjadi, di mana saja dan kapan saja, semua orang akan memiliki peluang yang sama untuk mengalami kondisi seperti ini. Jika ternyata begitu, maka akan sangat berlebihan jika kita mengerutuki diri sepanjang waktu kerena sebuah kegagalan yang pernah kita alami, bukan?

Meski gagal, hidup ini masih tetap berjalan

Ada kalanya kita begitu bersemangat dan begitu yakin akan sukses dalam sebuah pekerjaan yang kita lakukan. Kita mengupayakan semua yang terbaik yang kita mampu dan tentunya mengharapkan sebuah keberhasilan atas hal itu. Atau, kita telah berada beberapa senti saja dari titik keberhasilan yang sangat kita impikan. Namun, secara tidak terduga, sebuah kegagalan tiba dengan sempurna.

Lalu, apakah hidup berakhir atas kejadian tersebut?

Tentu saja tidak, kita masih akan tetap bernapas, merasa sedih dan mungkin terpuruk atas kegagalan yang baru saja kita rasakan. Kita juga mungkin akan merasa menjadi sosok yang tidak berguna, dan akan selalu dipandang sebagai orang yang tidak mampu oleh lingkungan sekitar kita, meskipun yang terakhir ini tidak selalu benar.

Cobalah untuk menerima kegagalan tersebut dengan benar, di mana kita bisa melihat hal ini sebagai sebuah pelajaran. Ketahui dengan jelas apa saja yang membuat kita gagal, sehingga kelak kita tidak akan mengulangi hal yang sama kembali. Semua orang tentu pernah gagal, bahkan mereka yang sekarang telah mencapai kesuksesan sekalipun.

Berikan waktu untuk merayakan itu

Sedih setelah mengalami kegagalan adalah sebuah hal yang sangat wajar, apalagi jika ternyata kita telah berupaya dengan sangat keras untuk tidak mengalaminya. Namun, selalu ada hal yang terjadi dan harus kita lalui untuk sebuah kesuksesan, termasuk dengan mengalami sebuah kagagalan terlebih dahulu di saat ini.

Tak perlu malu ketika merasa rapuh saat menghadapi kondisi seperti ini. Jika memang perlu dan membuat kita lega, maka menangis bukan pilihan yang buruk untuk dilakukan, terutama jika itu membuat kita merasa lebih baik dan tenang. Lakukan hal yang bisa membuat kita menjadi lega dan lebih nyaman, agar semua kesedihan dan juga kemarahan menjadi hilang. Tentukan waktu untuk hal ini, satu atau dua hari akan membuat kondisi kita menjadi jauh lebih baik lagi.

Beranjak dan memulai kembali

Namun, jangan sampai larut di dalam kesedihan yang panjang, sebab tidak akan pernah ada waktu yang cukup untuk selalu meratapi kegagalan diri sendiri. Segeralah beranjak dan memulai kembali apa yang menjadi keinginan dan juga harapan kita selama ini. Belajarlah dari kegagalan, sehingga hal yang sama tidak akan terulang. Jika kita bisa memperbaiki diri dengan baik, maka berbagai kendala di dalam kegagalan yang lalu tidak akan terulang kembali.

Akan selalu banyak orang yang mengalami kegagalan, namun sikap seseorang dalam menghadapi dan menerima kegagalan tersebutlah yang kemudian akan menjadi hal yang membedakannya dengan mereka yang selalu gagal.

So.. jangan takut gagal sobat , terus melangkah dan yakinlah kamu pasti bisaa.. Cayoo

Terimakasih sudah berkunjung.